Parade Band dan Para Penerbang (ISHARI)

ISHARI Dalam Acara Launching Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur tahun 2013 di KPU Kota Pasuruan, Sabtu (13/04/2013)

Parade Band dan Para Penerbang (ISHARI) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan, Sabtu (13/04/2013), berlangsung meriah dan sukses serta semarak. Selama hampir 16 jam, halaman Kantor KPU Kota Pasuruan dipadati oleh masyarakat yang ingin menyaksikan Parade Band dan Para Penerbang (ISHARI). Parade band dan Para Penerbang (ISHARI) ini diselenggarakan dalam rangka Launching Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2013.

Rangkaian kegiatan Parade Band dan Para Penerbang (ISHARI) dimulai pukul 08.00 WIB, bekerja sama dengan Formasi (Forum Masyarakat Musisi) Kota Pasuruan, KPU Kota Pasuruan mendatangkan band-band lokal yang sebagian besar adalah anak-anak muda. Puluhan band tampil sepanjang pagi, siang, hingga sore hari. Terhitung delapan (8) band peserta perform dengan masing-masing membawakan dua (2) lagu, serta beberapa perform dari anggota Formasi yang seolah tak mau kalah dengan band-band muda, bahkan ditambahi dengan tampilan lagu ciptaan putra Kota Pasuruan sendiri.

Dalam sambutan pembuka, Ketua KPU Kota Pasuruan, Drs. Abdul Hamid Mudjib menyampaikan bahwa, “selain sebagai acara launching, parade band ini adalah sekaligus sebagai sosialisasi bagi para generasi muda Kota Pasuruan agar turut berpartisipasi aktif dalam pemilu-pemilu yang diselenggarakan di republik ini. Baik itu Pemilukada dan Wakada, Pemilu Legislatif, maupun Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014. KPU Kota Pasuruan berkomitmen untuk selalu aktif mengajak para generasi muda beserta elemen lainnya ikut peduli kepada bangsa dan negara melalui pemilu. Satu suara menetukan masa depan generasi muda”. Setelah menyampaikan sambutannya, Ketua KPU Kota Pasuruan secara resmi membuka rangkaian acara Parade Band dan Para Penerbang (ISHARI) dengan menabuh drum.

Diakhir acara parade band, terpilih tiga (3) tim terbaik dari para peserta, masing-masingnya adalah Circle Band sebagai terbaik I, Super Mario band sebagai terbaik II, dan Vietsel Band sebagai terbak III. Parade band diakhiri pukul 17.00 WIB untuk selanjutnya dilakukan persiapan acara parade para penerbang (ISHARI) yang dimulai pukul 19.00 WIB. Kegiatan parade para penerbang (ISHARI) sekaligus dijadikan sebagai puncak Launching Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2013 dengan dimeriahkan oleh parade kembang api yang dilakukan di halaman kantor KPU Kota Pasuruan. Ratusan masyarakat yang terdiri dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan sekretariat se-Kota Pasuruan, Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan sekretariat se-Kota Pasuruan, serta anggota Pantarlih se-Kota Pasuruan dan masyarakat luas hadir untuk menyaksikan Launching Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2013, dimana sambil dibacakan nama-nama para leluhur Pasuruan dan sekitarnya. Mulai kalangan Anbiya’, Pahlawan Nasional, Ulama, Auliya’, Umaro’ dan para Tokoh Masyarakat Pasuruan supaya menjadi tonggak sejarah untuk diteruskan oleh generasi penerus mereka atas jasa-jasa yang telah mereka korbankan tanpa pamrih.

Senada dengan sambutan pembukaan parade band, Ketua KPU Kota Pasuruan dalam sambutan Launching Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2013 menyampaikan sebagai berikut, bahwa pada dasarnya acara ISHARI merupakan bentuk sosialisasi pemilukada dan wakada kepada unsur masyarakat yang mewakili tampilan budaya lokal Kota Pasuruan karena didirikan oleh Tokoh Asli Kota Pasuruan dan hingga saat ini mengakar di masyarakat Pasuruan dan sekitarnya, interlokal dan agar bisa lebih menasional. Seluruh elemen masyarakat harus mendapat porsi sosialisasi yang seimbang dan setara, oleh karena itu, pilihan terhadap ISHARI adalah pilihan tepat mengingat ISHARI adalah budaya lokal pasuruan, asli pasuruan, dan merupakan kekayaan budaya pasuruan yang harus terus dilestarikan agar lebih menasional. (mipa)

3 Responses to Parade Band dan Para Penerbang (ISHARI)

  1. Abdul Hamid Mudjib says:

    Selamat dan sukses, semoga dpt meneruskan jasa2 mereka, amiin
    اللهم انفعنا من بركاتهم وان تَرْزُقنا محبتهم وادخلنا في سلسلتهم
    يوم لا ينفع مال ولابنون الا من اتى الله بقلب سليم

  2. Abdul Hamid Mudjib says:

    ISHARI pada awal pendiriannya bernama Jam’iyyah Hadlrah yaitu sebuah kumpulan yang berkegiatan kesenian Rebana dengan diiringi Bacaan Sejarah kelahiran dan Perjuangan Nabi Besar Muhammad SAW (Perpaduan antara Kitab Maulid Syaroful Anam dan Kitab Diwan Al Hadlroh) dengan paduan gerakan dan bunyian keplok tangan yang teratur dan indah sehingga terpadu antara bunyi Rebana, Suara merdu dari pembawa Sya’ir sahutan jawaban bacaan Sholawat dari para peserta serta gerakan-gerakan yang menandakan rasa Syukur atas kelahiran Nabi Muhammad SAW. Jam’iyyah ini didirikan Oleh Hadlrotus Syeikh KH. ABDURLROHIM Bin ABDUL HADI di Kota Pasuruan sekitar tahun 1918. Beliau wafat di Pasuruan Pada Bulan Dzul Qo’dah Tahun 1370 H / 1952 M dan dimakamkan di Pemakaman Belakang Masjid Jami’ Al –Anwar Kota Pasuruan

  3. Abdul Hamid Mudjib says:

    KH Abdul Rohim mendapatkan karya yang mulya ini atas Ijazah dari ayahanda beliau: KH Abdul Hadi, dari Ayahandanya: KH Abdul Rohman Bawean Gresik, dari Al-Habib Ling Banahsan Pegiri’an Surabaya, dari Al-Habib Segaf As-Segaf pegiri’an Surabaya, dari Al-Habib Ahmad Bin Abdulloh Ba Faqih Boto Putih Surabaya, dari Guru Beliau Hadrotus Syeikh Al-Imam Al-Habib Syeikh Bin Ahmad Bin Muhammad Bin Abdulloh Ba Faqih Boto Putih Surabaya.

    Setiap selesai belajar Hadlrah di Surabaya, beliau juga mengajar di beberapa tempat di Surabaya khususnya di daerah Kedung Asem Rungkut dan bersama dengan warga sekitar, Beliau menggagas pendirian Masjid As-Salafiayah Kedung Asem yang sampai sekarang Masjid tersebut keberadaannya sangat bermanfa’at bagi warga sekitar serta untuk mengenang jasa beliau, akhirnya Warga Kedung Asem setiap Bulan Dzul Qo’dah memperingati Haul beliau dan mengundang Jam’iyyah ISHARI se- Propinsi Jawa Timur.

    Diceritakan pula bahwa beliau dalam mengarang Sya’ir dan Lagu Sholawat ISHARI ini, dengan melakukan ritual bertafakkur dan berwasilah di Makam Al Habib Alwi Bin Segaf Assegaf di Kebon Agung Kota Pasuruan (Sebelah selatan Kantor KPU Kota Pasuruan) dan dengan seizin Alloh SWT serta berkah dari Karomah Dua Ulama’ ini, diceritakan pula bahwa Al-Imam Al-Habib Alwi Bin Segaf Assegaf datang dan membimbing beliau berupa bacaan-bacaan serta Sya’ir Sholawat yang dalam Anggota ISHARI dikenal dengan istilah Muroddah atau Jawaban.

    Dengan seiring bertambahnya tahun, keberadaan jam’iyyah ini semakin banyak pengikutnya dan hampir merata di seluruh Propinsi Jawa Timur bahkan sampai ke daerah Jawa tengah dan daerah propinsi Kalimantan, bahkan sekarang hampir seluruh wilayah NKRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>